Contoh Kwitansi Pembayaran Excel Yang Benar

Contoh Kwitansi Pembayaran Excel - Dalam kehidupan sehari-hari kita sebagai makhluk social tentu tidak bisa lepas dari orang lain. Ya, untuk melangsungkan hidup setiap orang saling membutuhkan untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satu cara bersosialisasi dengan orang lain yaitu dengan melakukan transaksi jual beli.
Pada transaksi jual beli, biasanya anda akan mendapatkan kwitansi sebagai bukti pembayaran. Kwitansi yang sering pula di sebut nota maupun faktur ini merupakan salah satu perlengkapan kantor yang di gunakan sebagai alat bukti transaksi jual beli yang sah. Hal yang satu ini terbilang barang yang wajib di punyai oleh siapa saja yang memiliki usaha. Dengan hal ini tentu akan memudahkan anda dalam dalam mengatur arus keuangan yang keluar masuk agar bisa terkontrol dengan baik.
Tak hanya itu saja, ternyata kwitansi berperan penting untuk membantu kegiatan input data secara lengkap dalam setiap pembukuan keuangan sehingga nantinya laporan keuangan usaha benar-benar bisa dipertanggungjawakan.
Meskipun mempunyai artian yang sama sebagai alat bukti transaksi, namun ketiganya ternyata memiliki perbedaan dalam format dan juga penggunaannya. Bahkan terdapat beberapa perusahaan memanfaatkan bukti transaksi sebagai media untuk berpromosi sebagaimana yang kerap dilakukan pada amplop maupun kop surat.

Kwitansi Pembayaran

Kwitansi merupakan dokumen yang di jadikan tanda bukti transaksi pembayaran yang umumnya ikut di tanda tangani oleh pihak penerima uang. Kwitansi yang telah diisi dengan berbagai keterangan pembayaran serta telah ditandatangani oleh penerima uang selanjutnya akan di serahkan kepada pihak yang membayar sejumlah uang tersebut. Agar lebih memperkuat legalitas, biasanya penandatangan kwitansi tersebut juga disertakan dengan materai yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan.
Contoh Kwitansi Pembayaran
Contoh Kwitansi Pembayaran

Terdapat banyak model kwitansi pembayaran yang umum di gunakan oleh perusahaan dalam melakukan transaksi mereka. Beberapa ada yang masih menggunakan buku kwitansi instan yang bisa anda dapatkan pada toko alat tulis. Tak sedikit pula perusahaan yang membuat kwitansi dengan bentuk dan ukuran yang bisa ditentukan sesuai kebutuhan yang di bubuhi dengan logo perusahaan.
Berikut beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam pembuatan kwitansi :
  1. Nomor kwitansi, nomor ini berfungsi untuk membedakan antara kwitansi satu dengan kwitansi lainnya. Anda bisa membuatnya dengan urutan menggunakan angka atau dengan menambahkan huruf. Untuk format penomorannya bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.
  2. Nama lengkap orang yang melakukan transaksi atau lembaga yang menyerahkan uang.
  3. Jumlah uang yang diserahkan yaitu besaran nominal uang yang ditulis sama dengan angka atau huruf.
  4. Tempat, hari serta tanggal terjadinya transaksi
  5. Tujuan pembayaran, dalam hal ini menjelaskan untuk apa pembayaran tersebut di lakukan
  6. Nama lengkap orang dan jabatan dalam lembaga yang menerima uang yang di sertai dengan tanda tangan
  7. Cap/stempel Dinas atau perusahaan yang menerima pembayaran
Jika menggunakan materai, maka tanda tangan harus mengenai materai yang di tempelkan. Khusus untuk kwitansi dengan materai, berikut ini ketentuannya sesuai peraturan Menteri Keuangan :
  • Transaksi atau pembelian di bawah Rp. 250.000 tidak menggunakan materai.
  • Transaksi atau pembelian antara Rp. 250.000 - Rp. 1.000.000 menggunakan materai Rp. 3000
  • Transaksi di atas Rp. 1.000 menggunakan materai Rp. 6.000
Kwitansi pembayaran ini memang sangat penting bagi sebuah perusahaan maupun instansi, oleh sebab itu untuk menghindari penyalahgunaan kwitansi disarankan untuk tidak menandatangani kwintasi dalam bentuk yang masih kosong. Selain itu pula dalam melakukan transaksi juga harus di bedakan antara nota jual beli dan kwitansi.

Faktur

Faktur juga merupakan suatu alat bukti transaksi yang biasanya digunakan oleh perusahaan besar.  Faktur mempunyai pengertian yaitu suatu dokumen transaksi yang di gunakan sebagai pencatatan bukti pembayaran secara kredit yang dibuat oleh penjual untuk di berikan kepada pembeli. Faktur terdiri dari 3 rangkap salinan  dimana salinan pertama berwarna putih untuk diserahkan kepada pihak pembeli, salinan kedua di simpan oleh penjual untuk di jadikan lampiran saat penagihan, dan salinan ketiga di simpan dalam buku faktur. 
Contoh Faktur Penjualan
Contoh Faktur Penjualan
Faktur baisanya mencakup rincian catatan daftar barang, harga hingga jumlah total yang harus di bayarkan oleh si pembeli dengan syarat pembayaran ataupun dengan syarat penyerahan barang. Pada bagian ini tentu masih di sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan perusahaan.

Nota Jual Beli

Secara fungsi nota dapat di bedakan menjadi 3 bagian yaitu nota kontan, nota debet dna juga nota kredit.
  • Nota kontan yaitu dokumen transaksi yang di buat oleh penjual yang di berikan kepada pembeli sebagai bukti akan pembelian sejumlah barang secara cash atau tunai.
  • Nota Debet yaitu bukti transaksi pengembalian barang yang sudah dibeli yang disebabkan adanya sebagian barang yang di beli terdapat kerusakan atau tidak sesuai dengan pesanan pembeli. Nota debet tersebut di buat oleh pihak pembeli untuk di kirimkan kepada pihak penjual bersama dengan barang yang akan di kembalikan.
  • Nota Kredit yaitu bukti transaksi dari penerimaan kembali barang terjual secara kredit dan pengurangan harga faktur yang diakibatkan adanya barang yang sebagian rusak atau kualitas tidak sesuai dengan pesanan. Untuk nota kredit ini dibuat oleh pihak penjual dan dikirimkan kepada pihak pembeli.
Contoh Nota Jual Beli
Contoh Nota Jual Beli
Untuk informasi yang tertera pada nota biasanya terdiri dari kolom nomor nota, tempat serta tanggal terjadinya transaksi. Tak hanya itu biasanya tertera pula nama serta alamat pembeli, banyaknya barang yang di beli, nama barang, harga satuan, total harga hingga nama penjual. Kolom-kolam yang tertera tersebut di buat sedemikian rupa yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Nota memiliki rincian yang lebih detail dari pada kwitansi dan faktur karena nota umumnya terdapat 2 rangkap. Untuk nama kertas yang di gunakan yaitu kertas NCR yakni kertas yang sudah mengandung serat karbon sehingga anda tidak perlu lagi menyertakan kertas karbon saat menulis agar tembus.

Itulah Contoh Kwitansi Pembayaran dan perbedaannya dengan Faktur, atau Nota Jual Bdli. Untuk Contoh Kwitansi Pembayaran dalam bentuk Excel bisa didownload di sini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Kwitansi Pembayaran Excel Yang Benar"

Post a Comment